Rabu, 16 Juli 2014



Name                                       : M.Fauzan
NPM                                       :41182003110009
Assaignment                           : report (Loneliness as the Cause and the Effect of Problematic
Internet Use: The Relationship between Internet Use and Psychological Well-Being)



Loneliness as the Cause and the Effect of Problematic
Internet Use: The Relationship between Internet Use
and Psychological Well-Being
Penelitian terbaru dimulai dari asumsi bahwa pengguna internet akan mendapat masalah dengan  pisikologi mereka (kesepian atau tekanan). Study ini menunjukan bahwa kesendirian atau tidak memiliki kemampuan social yang baik akan sangat mendorong pengguna internet dalam mendapat hasil negative terhadap hidupnya (merugikan aktifitas signifikan yang lain seperti di kantor, sekolah atau  merugikan hubungan ynag signifikan) bahkan mengurangi masalah asli mereka.  Seperti menambah hasil negatif yang diharapkan untuk mengisolasi individual (orang yang menyendiri) dari kesehatan sosial, aktifitas dan membawa mereka terhadap kesendirian yang lebih parah. Walaupun penelitian sebelumnya member kesan bahwa pengguana sosial internet (situs jaringan sosial, pesan singkat) akan lebih bermasalah dari pada pengguna hiburan( downloading file), study terbaru ini menunjukan bahwa penelitian sebelumnya tidak menunjukan persatuan yang kuat dari pada study sebelumnya dalam hal untuk mendorong pengguna internet.
Hubungan antara psikologi manusia dan penggunaan internet berkaitan dengan pertanyaan tentang media komunikasi internet. dalam hal ini ada dua jawaban yang pertama menunjukan fakta-fakta bahwasannya internet memiliki pengaruh yang sangat positif bagi penggunanya, mereka dapat menambah wawasan dan pengalaman dan yang ke-2 dari dampak internet menunjukan pengaruh bahwa sesungguhnya internet berpengaruh  yang negative terhadap penggunanya terlebih dalam masalah psikologi yang mana akan menimbulkan kesepian dan tekanan. Dalam penelitian yang lain disebutkan bahwasanya rasa kesepian dari pengguna internet menyebabkan kecanduan, keterbiasaan, atau masalah penggunaan internet (PIU).
Davis mengemukakan bahwa masalah psikologi seperti rasa kesepian dan tekanan merupakan salah satu dari PIU. Rasa  Kesepian dan tekanan merupakan pilihan tertinggi yang ditimbulkan dari interaksi secara online, secara umum berkomunikasi menggunakan media sosial akan mengurangi resiko dan mudahnya berkomunikasi tanpa harus bertemu atau bertatapan dengan lawan bicara sehingga cara seperti ini levih diminati ketimbang langsung bertemu dan bertatap muka dengan lawan bicara mereka. Mereka akan lebih berlama-lama dengan internet mereka, mereka akan mencurahkan perasaan melalui media ini bahkan mereka akan sangat sulit untuk menentukan waktu untuk membagi antara bergelut dengan media online ini dari pada dunianyata. Etergantungan seperti ini akan mendorong para engguna internet dalam pengaruh yang negative dan sangat dianjurkan untuk dijauhi karena akan membawa mereka pada hal yang tidak baik, mereka akan bermasalah dengan nilai dan karirnya karena terlalu focus dngan internet. Mengabaikan teman disamping ketika berbicara, tidak fokus ketia guru mengajar dll.
Davis menyatakan kesepian sebagai PIU karena mereka tidak bisa berinteraksi dengan orang disekitar mereka, mereka  gagal dalam membangun interaksi sosial didunia nyata walaupun dalam online media mereka bisa bahkan jago untuk berinteraksi satu sama lain. Orang orang seperti ini akan lebih memilih untuk berkomunikasi melalui online ketimbang ofline yang sesungguhnya nyata.
Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa orang yang ketergantungan terhadap internet akan menimbulkan ketidakmampuan penggunanya untuk berinteraksi didunia nyata. Orang yang menggantikan internet sebagai sarana atau pilihan untuk berkomunikasi bisa di identifikasi bahwa orang tersebut sudah terpengaruh dari hal negative dari internet tersendiri dan pula dapat dipastikan orang tersebut mengalami kesepian dan tekanan. Disamping itu oaring yang seperti itu tidak hanya akan mengalami kesepian namun kecanduan juga akan menjadi masalah di hidupnya. Peningkatan masalah ini akan membawa mereka lebih mempercayai aktifitas online favorit mereka sebagai alat untuk mengurangi atau sebagai jalan keluar dari permasalah ini, dimana hal ini merupakan hal yang akan membuat mereka tambah kesepian dan tertekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar